Cara Merawat Mobil Matic yang Ternyata Berbeda dari Mobil Manual

Cara Merawat Mobil Matic yang Ternyata Berbeda dari Mobil Manual

Mobil saat ini memang menjadi kendaraan primadona yang menghiasi padatnya jalan raya karena tentunya bepergian dengan menggunakan mobil, kita akan terhindar dari yang namanya panas dan hujan. Apalagi sekarang sudah ada mobil matic yang tentunya sangat cocok untuk kamu yang ingin bepergian jauh dan biasanya lelah menyetir mobil yang manual. Dengan adanya mobil matic, tentu kamu tak lagi harus pegal karena menahan kopling disaat kamu berada di jalanan yang penuh dengan kemacetan. Berbeda dari mobil manual, mobil matic tentunya harus dirawat dengan cara yang khusus. Nah, untuk kamu yang saat ini tengah ingin mencari tau cara merawat mobil maticyang benar dan tepat, disini akan saya bagi untuk kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membuat mobil matic kamu selalu dalam kondisi yang baik dan terawat.

Pertama kamu harus teratur dalam mengganti oli. Tidak hanya motor matic yang perlu diganti olinya secara rutin, mobil matic pun sama. Jadi jika kamu punya mobil matic yang selalu kamu bawa bepergian yang jaraknya jauh atau bahkan keluar kota, tentunya kamu harus rajin dalam mengecek kondisi mobil kamu terutama olinya. Karena jika kamu mengabaikan oli mobil sehingga lupa melakukan penggantian, tentu ini akan membuat kerusakan yang ada di dalam bagian sistem transmisi di mobil kamu. Untuk oli mobil matic pun ada oli yang secara khusus yang bisa kamu gunakan jadi nanti di bengkel tempat penggantian oli, kamu tentunya akan direkomendasikan oli yang tepat untuk mobil kamu. Jika kamu melakukan jarak tempuh 80 ribu km sampai 100 ribu km tentunya kamu harus selalu melakukan penggantian oli.

Kedua melakukan deteksi valve serta oli transmisinya. Pada mobil matic, ada masalah yang sangat sering dialami oleh mobiljenis ini seperti kebocoran dan juga kerusakan pada gasket transmisi. Karena itu, kamu harus melakukan pendeteksian secara dini baik valve dan juga oli transmisinya. Terkadang juga, karena terbiasa menyetir mobil manual, hal ini akan terbiasa saat menyetir mobil matic. Dimana pemindahan tuas akan dilakukan secara kasar dan sentakan gas yang terjadi tentu akan membuat valve menjadi rusak serta mengalami yang namanya kebocoran.

Ketiga adalah selalu lakukan pengujian jalan. Jadi, kamu harus melakukan uji jalan mobil kamu selama minimal sebulan sekali. Caranya adalah dengan menjalankan mobil kamu seperti biasanya kemudian pindahkan perseneling. Dengan langkah ini , kamu harus merasakan dengan seksama, jika nanti kamu perpindahan perseneling ternyata mengeluarkan bunyi atau suara yang bising serta mobil yang kamu jalankan juga agak sedikit terguncang, berarti ada masalah di bagian transmisinya.  Jika hal ini tengah kamu alami, kamu harus segera membawa mobil matic kamu ke bengkel untuk bisa segera diperbaiki. Karena perbaikan transmisi yang ada di mobil matic merupakan hal yang sangat penting yang harus segera dilakukan.

Terakhir  kamu harus rutin di dalam memanaskan mobil kamu. Tentu kedengarannya sepele namun jika kamu mengabaikan hal ini, lama-lama mesin mobil matic kamu akan terganggu nanti. Jadi usahakan untuk selalu memanaskan mobil kamu sebelum kamu berangkat. Pastikan juga jika tuas mobil matic kamu berada pada posisi N ketika mesin sedang kamu panaskan.

Nah sekiandulusedikitulasandari kami tentang tips merawatmobilmaticsebagireferensianda yang barumemilikimobilmatic. Demikiandan semoga bermanfaat.